Doa Ketika Melihat Gunung Meletus, Terhindar dari Bencana, Tenggelam, Kebakaran dan Pikun

Diposting pada

Saat ini di manapun berada kita menyaksikan berbagai bencana. Bahkan akhir-akhir ini di beberapa daerah banyak terjadi gunung meletus. Siapapun akan bersedih jika mendapatkan bencana tersebut. Apalagi bencana atau musibah tersebut menjadikan kita kehilangan orang-orang yang kita sayangi.

Berikut doa yang harus sering kita baca agar Allah menjauhkan kita dari mara bahaya dan musibah:

بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis samaa’i wahuwas sami’ul alim.

“Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui.”

Dalam doa yang lain, Rasulullah juga pernah mengajarkan doa saat terjadi bahaya, doa ini juga bisa kita baca saat terjadi gunung meletus. Doa ini bisa dilacak dalam hadis riwayat Abu Dawud melalui Abu al-Yasar, Ra.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ التَّرَدِّي، وَأَعُوذُ بِكَ مِنَ الْغَرَقِ، وَالْحَرَقِ، وَالْهَرَمِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطَانُ عِنْدَ الْمَوْتِ، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِرًا، وَأَعُوذُ بِكَ أَنْ أَمُوتَ لَدِيغًا

Allahumma inni a’udzubika minal hadmi wa audzubika minat taraddy wa audzubika minal gharaqi, wal haraqi, wal harami wa audzubika an yatahabbatani syaitan indal maut. Wa audzubika an amuuta fi sabilika mudbiran wa audzubika an amuta ladighan.

“Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebinasaan. Dan aku berlindung kepada-Mu dari bahaya saat terjatuh. Dan aku berlindung kepada-Mu dari tenggelam, terbakar, dan pikun. Dan aku juga berlindung kepada-Mu dari bahaya setan saat aku meninggal. Dan aku berlindung kepada Engkau dari meninggal di jalan-Mu dalam keadaan melarikan diri dari Jalan-Mu. Serta aku berlindung kepada-Mu dari meninggal dalam keadaan tersengat.”

Semoga kita dan keluarga kita serta orang-orang yang kita sayangi selalu dilindungi Allah dari marabahaya. Amin.

Wallahu A’lam.

Loading...