Tak Disangka, Ternyata Ikan Teri Masuk Daftar 5 Makanan Pendongkrak Kecerdasan Otak

Diposting pada

Meningkatkan kemampuan dan kinerja otak bisa kita lakukan dengan berbagai cara. Seperti membaca, memainkan alat musik, memainkan permainan strategi seperti catur, hingga melalui asupan makanan.

Tapi, tak semua makanan bisa memberikan manfaat besar bagi otak kita. Nah, makanan apa saja sih yang bisa membuat otak kita makin tinggi kualitasnya?

1. Alpukat

Tahukah Anda kalau vitamin E bisa melindungi otak kita dari penyakit alzheimer? Suatu studi mengatakan kalau orang yang mendapat vitamin E bersumber dari makanan, bukan suplemen, risiko untuk terserang alzheimer turin hingga 67 persen.

Nah, alpukat merupakah buah yang kaya vitamin E. Buah ini cocok untuk para vegetarian yang ingin mencari sumber protein.

2. Bit

Buah ini memiliki kemampuan untuk membantu kita melawan depresi, dengan vitamin B yang banyak terkandung di dalamnya.

Tak hanya itu saja, buah bit membantu otak kita untuk memproses data lebih cepat. Untuk hasil yang lebih baik, tumislah buah bit agar kandungan gizinya tidak berkurang.

3. Ikan Teri

Asam lemak seperti omega-3 sangat bermanfaat bagi otak kita. Nah, ikan teri bisa kita milih untuk mendapatkan omega-3 itu. Bahkan, kandungan omega-3 di ikan teri, 10 kali lebih banyak dibandingkan dengan tuna.

Tingkat omega-3 yang tinggi selama kehamilan dan masa kanak-kanak, penting untuk kecerdasan intelektual (IQ) anak nantinya. Selain itu, omega-ni juga bisa meningkatkan suasana hati, kekebalan tubuh, dan bersifat antiinflamasi.

4. Berry

Buah kecil seperti stoberi dan raspberry banyak mengandung ellagitannins. Senyawa ini bekerja untuk melindungi tubuh dari zat-zat kimia dan polutan.

Lalu apa manfaat buah ini bagi otak kita? Nah, berry seperti blueberry kaya akan antioksidan yang bisa meningkatkan memori di otak kita.

5. Minyak zaitun

Yang satu ini kaya akan lemah sehat dan polifenol. Minyak zaitun membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh yang bisa menghambat konsentrasi kita.

Selain itu, minyak ini juga bisa menurunkan peradangan yang bisa memicu migrain.

Semua orang pasti pernah memakan ikan mungil satu ini. Olahan teri Medan, sambal teri, juga peyek teri sangat akrab dengan mulut kita.

Sedikit yang tahu ternyata ikan satu juga memiliki manfaat luar biasa bagi tubuh kita. Di balik tubuhnya yang kecil, ikan ini mengandung berbagai vitamin, mineral, kalsium, dan asam lemak.

Nah, inilah 7 manfaat ikan kecil ini bagi kesehatan kita.

1. Memperbaiki Kesehatan Jantung

Ikan teri mengandung lemak tak jenuh ganda yang dapat melawan kolesterol jahat. Asam lemak omega-3 yang banyak ditemukan dalam ikan teri dapat menghilangkan kolesterol tidak sehat dan menghambatnya untuk mengikat dinding arteri.

Asam lemak omega-3 juga baik untuk meningkatkan kecerdasan otak.

2. Memperbaiki Sel

Protein dalam jumlah besar ditemukan dalam ikan teri. Tak hanya itu, ikan ini telah lama dikenal bermanfaat untuk metabolisme sel dan perbaikan jaringan ikat.

Menambahkan ikan teri dalam menu makanan dapat mendorong kemampuan tubuh untuk menyembuhkan dirinya sendiri.

3. Merawat Kulit

Selain memgandung asam lemak omeg-3 yang dikenal sebagai kolesterol baik, ikan ini juga mengandung vitamin E.

Vitamin E dan selenium baik untuk kesehatan kulit. Rutin mengonsumsi ikan teri dapat membuat kulit halus, mengurangi risiko berjerawat, bahkan menghambat penuaan dini.

4. Meningkatkan Kesehatan Tulang

Kandungan kalsium dalam teri mengurangi risiko degradasi tulang. Vitamin dan mineral dalam ikan teri ini juga dapat menguatkan tulang, mencegah risiko osteoporosis, dan masalah tulang lainnya.

Selain itu kalsium baik juga untuk menguatkan gigi dan tetap sehat samapai usia tua.

5. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kandungan kalori dalam ikan teri rendah, ideal untuk mereka yang sedang diet. Protein yang tinggi membuat rasa kenyang lebih cepat dan mencegah anda untuk makan berlebihan.

6. Mencegah Keracunan

Bahaya makan ikan terlalu banyak dapat menyebabkan keracunan karena kandungan merkuri dan limbah dari lingkungan.

Ikan yang memiliki ukuran badan kecil kemungkinan mengandung zat berbahayanya lebih sedikit daripada ikan berukuran besar. Sedangkan kandungan nutrisi ikan kecil maupun ikan besar adalah sama.

7. Menyehatkan Mata

Ikan teri kaya akan vitamin A yang sudah jelas baik bagi kesehatan mata. Mengonsumsi ikan teri dengan kadar vitamin A tinggi dapat mencegah penurunan fungsi mata, seperti penyakit katarak.

Loading...